Klik 1X Iklan di bawah untuk CLOSE
Terimakasih Atas Kebaikan Anda

Sunday, November 28, 2010

Home » » Inilah Motor Antik Termahal di Dunia (Di produksi saat Perang Dunia I)

Inilah Motor Antik Termahal di Dunia (Di produksi saat Perang Dunia I)


Sepeda motor ini bernama Brough Superior yang diproduksi pada 1929. Anda tentu asing akan namanya, ketimbang nama-nama terkenal seperti Norton, BSA, Jawa, Triump atau Harley Davidson. Tapi, kuda besi ini baru saja telah "menggetarkan" jagat raya dengan mencatatkan dirinya sebagai motor antik termahal di dunia.



Bayangkan, dari balai lelang Eropa H&H, Brough ditawar dengan harga tertinggi 286.000 poundsterling atau setara Rp4,05 miliar oleh seorang kolektor. Lelang berlangsung di museum industri sepeda motor dunia Haynes International Motor Museum, Sparkford, Inggris belum lama ini.

Pembuat Brough Superior ini adalah George Brough asal Inggris yang dilakukan pada 191 sampai 1940 di markasnya di Haydn Road, Notingham, Inggris. Ia mantan pebalap, perancang dan showman dan semua motor bikinannya mempunyai ciri high performance dan kualitasnya paling bagus.

Termasuk Brough Superior termahal ini yang dibekali mesin SS100 berkapasitas 1.000cc V-twin. Kecepatan maksimum yang dicapai sampai 161 km per jam (100 mph). Kecepatan yang sangat hebat untuk saat itu, sehingga kendaraan itu (termasuk karya Brough lainnya) dijuluki "Rolls Royce"nya sepeda motor.

"Pada 1929 hanya 29 unit motor diproduksi di Pendine (Wales) dan Grand Alpine (Swiss) dengan dua opsi rangka tipe B dan D. Brough juga dilengkapi dengan sistem transmisi 3-percepatan dijuluki super heavyweight," ujar penyelenggara lelang H&H.

Sepeda motor langka ini sudah mengalami restorasi pada tahun 2000-2001 dan berfungsi normal seperti saat diluncurkan. Bahkan, moge ini berhasil menjelajah ke sejumlah negara di Spanyol, Perancis, Austria dan Italia. Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan sejumlah sertifikat asli kendaraan.

Nilai jual sepeda motor ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah, setelah rekor sebelumnya dipegang oleh Cyclone produksi 1915 seharga 278.400 poundsterling atau Rp3,9 miliar. 

Related Post



No comments: